DEDEMIT

Bookmark and Share
Dedemit atau demit jika orang jawa menyebutnya.bangsa ini bertempat tinggal di daerah-daerah pegunungan yang hijau dan lebih sejuk hawanya.rumah-rumah mereka bentuknya sederhana terbuat dari kayu dan bambu.mereka itu seperti manusia hanya bentuk badanya lebih kecil.
          Disamping masyarakat yang sudah teratur seperti merkayangan,siluman,kajiman.dedemit adalah tergolong makluk halus yang tidak sempurna,mereka tergolong roh-roh manusia yang jahat menderita karena kesalahan yang telah mereka perbuat pada masa lalu,ketika mereka hidup sebagai manusia.
           Manusia yang salah itu pasti menerima hukuman untuk kesalahan yang diperbuatnya.hukuman itu bisa dijalani ketika mereka masih hidup di dunia atau lebih jelek ketika sesudah kehidupan.
      Memuja berhala untuk menjadi kaya,yang dimaksud berhala dalam kejawen bukan patung-patung batu,tetapi ada sembilan makluk halus yang suka menolong manusia untuk menjadi kaya dengan kekayaan material yang berlimpah.
        Pemujaan terhadap kesembilan makluk jahat itu merupakan kesalahan fatal,mereka itu bila dilihat dengan mata bisa kelihatan seperti berikut.

1.bulus,jimbung bulus yang besar.
2.jaran panoreh,kuda yang kepalanya menoleh kebelakang.
3srengara nyarap,anjing mengigit.
4.kandang bubrah,andang yang rusak.
5.umbel molor,ingus yang menetes.
6.kutuk lamur,sebangsa ikan penglihatanya tidak jelas.
7.gemak melung gemak,semacam burung yang berkicau.
8.codot ngising,kelelawar berak.
9.bajul putih,buaya putih.

Bagi yang telah melakukan kesalahan dengan jalan memuja atau menggunakan jasa-jasa baik berhala diatas,mereka tentu akan mendapatkan hukuman sesudah kematianya.badan dan jiwanya mereka mendapat hukuman persyaratan" sangkan paraning dumadi" jiwa mereka akan terpanjara dalam alam-alam tersebut selamanya,samapai datang keputusan final dari allah dari hari ahirat kelek.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar